Hikmah Dibalik Bulan Puasa

Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh berkah. Di dalamnya terdapat berbagai keutamaan dan yang berhak mendapatkan keutamaan ramadhan adalah orang-orang ber iman yang dipanggil untuk melakukan puasa. Seperti yang terkandung dalam surat Al-Baqarah ayat 183; bahwa yang dipanggil untuk melaksanakan ibadah puasa adalah orang yang beriman, penekanannya bukan orang Islam ataupun manusianya tetapi yang beriman. Karena itu tidak heran kalau pada bulan Ramadhan sering kita jumpai di terminal atau dipasar masih banyak umat Islam yang merokok, makan (tidak berpuasa), mereka hanya Islam namun belum beriman. Tegasnya; Orang Islam belum tentu ber iman namun orang ber iman sudah pasti islam.

Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Bulan penuh berkah ini selalu ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, karena di bulan Ramadhan ini banyak sekali berkah yang kita dapat dari berpuasa. Bulan penuh Ampunan, dan dimana segala amal kebaikan kita dilipatgandakan pahalanya.

Menjalankan Ibadah Puasa bukan hanya menjalankan ajaran agama saja, dan bukan menahan lapar saja melainkan kita juga akan mendapatkan hikmah dari puasa Ramadhan. Berikut beberapa hikmah yang dapat dipetik, di antaranya yaitu:

  1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT

Allah Ta’ala berfirman,

  1. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Dengan kita Niat untuk berpuasa saja disitu kita sudah percaya, dan sudah bertaqwa bahwa ajaran Allah SWT itu baik. Dan kita melakukannya selama sebulan yang dimana kita selalu mengingat Allah SWT dan akan meningkatkan iman dan taqwa.

Tanpa adanya iman dan taqwa manusia tidak akan bisa menjalankan kehidupan dengan ridho dan petunjuk Allah SWT. Untuk itu, iman dan taqwa mampu menyelamatkan kita bukan hanya di dunia namun juga kelak di akhirat. Untuk itu, ia adalah pondasi kehidupan manusia.

  1. Mengendalikan hawa nafsu

Dalam hadits qudsi Allah Ta’ala berfirman,

  1. يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى

Dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku”.{3}

Dalam Berpuasa kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga melainkan kita juga harus menahan nafsu kita sebagaimana nafsu itu sangat penting untuk dikendalikan. Kegagalan manusia dalam mengendalikan hawa nafsu bisa berakibat fatal bagi diri manusia itu sendiri. Secara garis besar, hawa nafsu perlu dikendalikan karena, Keinginan dari nafsu (syahwat) hanyalah hal-hal yang bersifat kelezatan duniawi, menyenangkan bagi jasad dan bersifat fisik material

  1. Meningkatkan diri menjadi lebih baik

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja.”

Dibulan suci Ramadhan banyak sekali hal yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT akan dilipatgandalan umat yang menyadarinya akan berlomba lomba melaksanakan ibadah karena hanya satu bulan kesempatan dibulan suci Ramadhan.secara tidak sadar orang tersebut jika melakukannya terus menerus sudah maju menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan rasa empati

Semua orang beriman akan melaksanakan puasanya khususnya dibulan suci Ramadhan, tetapi tidak semua orang beriman bisa menikmati makanan atau Rezeki yang sama saat berbuka oleh karena itu orang yang melihat atau mengetahui hal tersebut akan timbul rasa empati dari dirinya.

dengan puasa seseorang akan merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang miskin, fakir, yang penuh kekurangan. Orang yang berpuasa akan merasakan lapar dan dahaga sebagaimana yang dirasakan oleh mereka-mereka tadi. Inilah yang menyebabkan derajatnya meningkat di sisi Allah

5. Meningkatkan kesehatan jasmani

Selama satu bulan penuh umat muslim melaksanakan aktifitas ritual untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Di samping itu juga terdapat banyak sekali guna dan manfaat dari melaksanakan puasa ramadhan baik untuk jasmani maupun rohani.

Ditinjau dari aspek kesehatan sesuai dengan hadits riwayat Thabrani menjelaskan bahwa, “Shumu Tashihhu yang artinya puasalah niscaya kamu akan sehat”.

Kutipan hadist tersebut dibuktikan dengan hasil-hasil penelitian bahwa dengan berpuasa akan menyehatkan jasmani dan rohani diantaranya : meningkatkan daya tahan tubuh karena meningkatnya sel darah putih, terjadi detoksifikasi racun, menyembuhkan penyakit diabetes ringan, menurunkan berat badan, dan masih banyak manfaat fisik lainnya.

Selain kesehatan jasmani, puasa juga meningkatkan kesehatan rohani, karena membiasakan kita untuk berfikir positif, menjaga ucapan, sikap dan perilaku yang tercela.

Login